Senin, 26 November 2012


Modul Manejemen Administrasi Farmasi

Materi : Menghitung Harga Pokok

A.      Harga Pokok Perdagangan

              Harga pokok perdagangan ialah harga pembelian barang ditambah biaya – biaya lain yang diperhitungkan sampai barang siap dijual.
Fungsi harga pokok adalah :
1.      Untuk menetapkan harga jual
2.      Untuk menghitung laba / rugi
3.      Untuk menilai efisiensi ( alat pengawasan )
4.      Untuk menilai persediaan barang ( dalam neraca )

Unsur – unsur harga pokok dalam perhitungan laporan rugi / laba :
1.      Persediaan awal
2.      Pembelian
3.      Retur pembelian
4.      Potongan pembelian dan pengurangan harga
5.      Beban angkut pembelian
6.      Barang tersedia untuk dijual
7.      Persediaan akhir

Format – format perhitungan harga pokok :

Persediaan Awal                                                                                 xx
Pembelian                    = xxxx
Retur pembelian          =       x  (-)
                                    =  xxx
Pot.Pembelian & pengur.harga =      x   (-)
                                    =    xx
Beban angkut pembelian  =        x   (+)
Pembelian bersih         =  xxx                                                              xxx   (+)
Barang tersedia untuk dijual                                                               xxxxx
Persediaan akhir                                                                                          x  (-)
                                                            Harga Pokok                             xxxx
 

Contoh Soal :
Diketahui data persediaan barang PT. ABC sbb :
Persediaan awal          = Rp. 2.000.000
Pembelian                    = Rp. 4.000.000
Retur pembelian          = Rp. 1.000.000
Potongan pembelian dan pengurangan harga   = Rp. 500.000
Beban angkut pembelian  = Rp. 750.000
Persediaan akhir                = Rp. 1.000.000
Hitung harga pokok penjualan barang tersebut !







Jawab :
Persediaan awal                                                                      Rp. 2.000.000
Pembelian                    Rp. 4.000.000
Retur pem & pengurangan.harga              Rp. 1.500.000  (-)
                                    Rp. 2.500.000
Beban angkut pembelian Rp.    750.000  (+) 
Pembelian bersih         Rp. 3.250.000                                     Rp. 3.250.000  (+)
Barang tersedia untuk dijual                                                   Rp. 5.250.000
Persediaan akhir                                                                      Rp. 1.000.000  (-)
                                                           
                                                            Harga Pokok               Rp. 4.250.000
Jadi :

HP = 


Persediaan awal + pembelian bersih – persediaan akhir

Pembelian bersih =

Pembelian – Retur pembelian – Potongan pembelian   + Beban angkut pembelian


Nota Pembelian Barang :
1)      Format nota pembelian barang / faktur pembelian barang
Berat kotor
= .........…kg



Tara ekstra (%)
= .........…kg
- (bulat)



= .........…kg


Tara %     
= .........…kg
- (bulat)



= .........…kg




Refaksi %
= .........…kg
- (bulat)



= .........…kg




Potongan lain
= .........…kg
-


Berat bersih
= .........…kg
x Rp........./kg
= Rp.........…




Rabat %
= Rp.........…
-



= Rp.........…




Biaya lelang %
= Rp.........…
+



= Rp.........…




Potongan tunai
= Rp.........…
-



= Rp.........…

Ongkos – ongkos :




Kurtasi 10 %
= Rp.........…



Lainnya
= Rp.........…  +
= Rp.........…
+



= Rp.........…




Komisi %
= Rp.........…
+


Pembelian bersih
= Rp.........…




Catatan :
½ kg keatas dibulatkan menjadi 1 kg
Kurang dari ½ kg, hilangkan
½ rupiah ke atas dibulatkan menjadi 1 rupiah
kurang dari ½ rupiah, hilangkan

2). Keterangan Istilah – Istilah Dalam Nota / Faktur Pembelian dan Nota / Faktur Penjualan
(a)     Potongan berat meliputi :
§  Tara ekstra atau tara istimewa, potongan terhadap pembungkus (kemasan) khusus, biasanya dinyatakan dalam % ttara = pembungkus
§  Tara atau pembungkus dapat dinyatakan dalam %
§  Refaksi, potongan yang diperhitungkan terhadap kemungkinan menyusutnya baran, dinyatakan dalam %
§  Potongan lainnya secara khusus adalah yang sering disebutkan dalam           satuan Kg.

(b)     Bruto atau Berat kotor adalah berat barang beserta pembungkus / kemasannya. Netto atau Berat bersi adalah berat barang setelah dikurangi potongan – potongan berat.

(c)    Potongan harga meliputi :
§  Rabat, potongan yang diberikan jika membeli dalam partai besar dan biasanya diberikan kepada pihak yang akan menjual kembali
§  Potongan tunai atau potongan kontan, diberikan apabila pembayaran dilakukan tunai.

(d)    Macam – macam biaya :
§  Biaya lelang, bila jual beli dilakukan melalui pelelangan umum. Biaya ini biasanya dinyatakan dalam % dan selalu ditambahkan baik dalam faktur pembelian ataupun faktur penjualan.
§  Kurtasi atau propisi merupakan ongkos jasa seorang perantara (makelar) biasanya dinyatakan dalam %
§  Komisi, ongkos jasa perantara komisioner yang dinyatakan dalam %
§  Biaya / ongkos lain – lain, seperti ongkos angkuta, sewa gudang, ongkos bongkar muat, dll

Ketiga biaya (1, 2, 3) dalam faktur pembelian ditambahkan, sedang  dalam faktur penjualan dikurangkan.
Contoh Soal dan Jawab Pembelian Barang Dagangan :
1.   Seorang pedagang simplisia di jakarta menyuruh komisioner di semarang untuk membeli 12,650Kg simplisia. Tara 2%, tara ekstra 1%, harga Rp. 800,00/kg netto. Rabat 4%, pot. Tunai 1 ½ dan biaya lelang 1%. Komisioner memperhitungkan ongkos angkut ke jakarta sebesar Rp. 240.000,00 kurtasi 1% dan komisi 5%. Susunlah faktur pembelian sebagaimana harus dibuat oleh komisioner tersebut.
Jawab :
Berat kotor                                          =  12.650  Kg
Tara ekstra 1% X 12.650                    =       127  Kg  (-)
                                                            =  12.523  Kg
Tara 2% X 12.523                               =       250  Kg  (-)
Berat bersih     =  12.273  Kg  x  Rp. 800,00                          =  Rp.  9.818.400,00
                                         Rabat   4% ……………..              =  Rp.     392.736,00  (-)
                                                                                                =  Rp.  9.425.664,00
                                    Biaya lelang 1%                                  =  Rp.       94.256,64  (+)
                                                                                                =  Rp.  9.519.920,64                                      
                                    Pot. Tunai 1   ½%                               =  Rp.     141.384,96  (-)
                                                                                                =  Rp.  9.378.535,68
Ongkos – ongkos :
                                    Kurtasi  1%    94.256,64
                                    Angkutan     240.000,00                     =  Rp.     334.256,64  (+)
                                                                                                =  Rp.  9.712.792,32
                                                Komisi 5%                              =  Rp.      485.639,62  (+)

Harga pokok = Harga pembelian bersih                                  =  Rp. 10.198.431,94


Nota penjualan / Faktur penjualan barang dagangan
1). Format Nota / Faktur Penjualan Barang
                   FAKTUR PENJUALAN
                   Berat kotor a.d. berat bersih lihat faktur pembelian : (sama caranya dengan faktur pembelian)
                   Berat bersih   = …………… Kg x Rp. ……….. / Kg  =  Rp. ………………..
                                                                                Rabat  %                               =  Rp. ………………..  (-)                                                                                                                                                  =  Rp. ………………..
                                                                                Biaya Lelang  %                  =  Rp. ……………….  (-)
                                                                                                                                =  Rp. ………………..
                                                Ongkos – ongkos :
                                                Kurtasi  %             = Rp. …………….
                                                Lainnya                 = Rp. …………….
                                                Komisi  %              = Rp. ……………. 
                                                                                                                                =  Rp. ………………..  (-)
                                                                                Penjualan bersih                  =  Rp. ………………..


2)      Keterangan tentang perantara dalam perdagangan barang
Dikenal ada 2 ( dua ) macam perantara, yaitu :
Makelar
:
Seorang perantara perdagangan yang diangkat oleh pejabat negara atas nama presiden dan diambil sumpahnya sebelum melaksanakan tugasnya. Ia menjalankan tugas pekerjaannya atas nama orang lain (pihak penyuruhnya atau prinsipalnya) tetapi tidak mempunyai hubungan tetap atau tidak terikat dengan hubungan tetap. Atas jasanya ia memperoleh imbalan : kurtasi atau propisi yang dinyatakan dalam %.

Komisioner
:
Seorang perantara yang melakukan usahanya dapat mengadakan persetujuan atas nama sendiri, tetapi atas perintah dan tanggung jawab pihak lain ( prinsipalnya ).Imbalan jasanya : komisi dalam %

Perbedaan antara Komisioner dengan Makelar.
KOMISIONER
Makelar
a.       Jabatan bebas
b.      Bertindak atas nama sendiri, tetapi atas perintah dan tanggung jawab penyuruhnya
c.       Memikul kewajiban keuangan
d.      Merupakan perwakilan tidak langsung
a. Diangkat pemerintah dan disumpah
b. Bertindak atas nama penyuruhnya
c. Tidak memikul kewajiban keuangan
d. Merupakan perwakilan langsung

Contoh soal dan jawab Nota / Faktur Penjualan Barang Dagangan
Seorang saudagar kopra di Ujung Pandang menyuruh komisioner di Surabaya untuk menjualkan 2,186 Kg Simplisia dengan ketentuan sbb :  Tara 2%, Tara istimewa 1%, Rabat 3%, Pot. Tunai 1%, ongkos angkutan dan bongkar muat sebesar Rp. 225.000,00. Komisi dan kurtasi yang diperhitungkan 4% dan 1%. Susunlah faktur penjualan dengan harga netto Rp. 2.000,00 per Kg.
Jawab :
Berat kotor      =   2.186  Kg
Tara ist.  1%    =        22  Kg  (-)
                        =   2.164  Kg
Tara  2%          =        43  Kg  (-)
Berat bersih     =  2.121  Kg  x  Rp. 2.000,00                                                             =  Rp. 4.242.000,00
                                                            Rabat   3% x 4.242.000                      =  Rp.    127.000,00  (-)
                                                                                                                        =  Rp. 4.114.740,00
                                                            Potongan tunai  1 % x 4.114.740        =  Rp.      41.147,40  (-)
                                                                                                                        =  Rp. 4.073.592,60
                        Ongkos – ongkos :
                        Kurtasi  1% x 4.114.740                                                        =  Rp.    41.147,40
                        Ongk. Angkut                                                                         =  Rp.  225.000,00
                        Komisi  4% x  4.073.592,60                                                   =  Rp.  162.943,70  (+)
                                                Harga penjualan bersih                                    =  Rp.    348.901,10  (-)
                                                                                                                        =  Rp. 3.689.501,50
 
Harga Pokok Barang di Apotik
1.   Harga Netto Apotik  ( HNA )
Harga netto apotik sama dengan harga beli yang dibayarkan apotik kepada penyalur tanpa memperoleh potongan penjualan. Sering disebut Harga Pokok Penjualan. Untuk menetapkan Harga Jual maka apotik mempunyai kebijaksanaan sendiri dalam menentukan % (persentase) laba.
Jadi :

Harga Jual  =  HNA  +  Laba

Contoh :
1.      Tanggal 3/3 2003 Apotik Jaya Abadi membeli Kalpicillin Kaplet 500mg 1 (satu) dos          @ Rp. 85.000.  dari PT. Prima Medika dengan Harga Netto Apotik (HNA). Bila laba yang diinginkan apotik = 30% dari harga pokok, hitunglah harga jualnya !

Jawab :
Diketahui  :     HNA  =  Rp. 85.000
                        Laba   =  30 %
Perhitungan :
Harga jual
=  HNA  +  Laba


=  85.000  +  ( 0,3 x 85.000 )


=  85.000  +  25.500


=  Rp. 110.500,00

2.      Tanggal 5/3 2003 Apotik Jaya Abadi membeli separtai obat – obatan dengan harga         Rp. 2.000.000,00 (HNA ) PPN 10% = Rp. 200.000,00 maka jumlah yang dibayar apotik kepada PT. Sumber Makmur = Rp. 2.200.000,00. Bila apotik mempunyai kebijaksanaan laba 331/3% dari harga pokok, maka harga jualnya ?


Jawab :
Harga jual
= HNA  +  PPN  Laba

= 2.000.000,00  +  200.000,00  +  ( 331/3 % x 2.200.000 )

= 2.200.000,00  +  733.333,00

= 2.933.333,00

Harga Eceran Tertinggi (HET)
              Harga eceran tertinggi adalah harga jual yang tertinggi yang ditetapkan oleh penyalur / oleh produksi farmasi sebagai imbalan keuntungan yang diperoleh apotik berupa potongan penjualan.

Harga Pokok Penjualan Apotik = HET – Potongan Penjualan

Atau   

HPP = HET – Potongan Penjualan ( Laba )

Contoh -1:
5/5 2003    dibeli Pehacort tablet sebanyak 1 fls (500 Tab.) seharga Rp. 210.000,00 (HET) dari PT.Bhakti Wira Husada dengan potongan penjualan 331/3%. Hitunglah harga pokok penjualan !
Jawab :
Harga Jual Tertinggi                =                                  Rp. 210.000,00
Lab / Potongan Penjualan       =  33 1/3            =          Rp.   70.000,00  (-)
                                    Harga Pokok Penjualan     =   Rp. 140.000,00
Contoh-2 :
7/5 2003       dibeli Bartolium Kapsul 1 fls (50 kapsul) dengan harga Rp. 81.000 (HET) dengan PPN 10% (Rp. 8100,00) dengan potongan 33 1/3%.  Maka harga pokok penjualan sbb :
HET                                                                = Rp. 81.000,00
Potongan Penjualan    = 33 1/3%                     = Rp. 27.000,00  (-)
                                    Harga Netto Apotik    = Rp. 54.000,00
Pajak ( PPN 10% )                                          = Rp.   5.400,00  (+)
Harga Pokok Penjualan                                   = Rp. 59.400,00



Jadi :

HPP = HET – Potongan Penjualan + PPN


B. Harga Pokok Produksi 
1. Penggolongan Biaya Menurut Fungsi Pokok dalam Perusahaan

              Dalam perusahaan manufaktur, ada tiga fungsi pokok, yaitu fungsi produksi, fungsi pemasaran dan fungsi administrasi & umum. Oleh karena itu dalam perusahaan manufaktur, biaya dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok :
1.      Biaya Produksi
2.      Biaya Pemasaran
3.      Biaya Administrasi
Biaya Produksi merupakan biaya – biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Contohnya adalah biaya depresiasi mesin dan ekuipmen, biaya bahan baku, biaya bahan penolong, biaya gaji dan karyawan yang bekerja dalam bagian – bagian, baik yang langsung maupun yang tidak langsung berhubungan dengan proses produksi. Menurut obyek pengeluarannya, secara garis besar biaya produksi ini dibagi menjadi :
1.      Biaya bahan baku,
2.      Biaya tenaga kerja langsung, dan
3.      Biaya overhead pabrik (factory overhead cost)
Biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung disebut pula dengan istilah biaya utama  (prime cost). Biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik sering pula disebut biaya konversi (coversion cost), yang merupakan biaya untuk mengkonversi (mengubah) bahan baku menjadi produk jadi.
              Biaya pemasaran merupakan biaya – biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk. Contohnya adalah biaya iklan, biaya promosi, biaya angkutan dari gudang perusahaan ke gudang pembeli, gaji karyawan bagian – bagian yang melaksanakan kegiatan pemasaran, biaya contoh (samlpe).
              Biaya administrasi dan umum merupakan biaya – biaya untuk mengkoordinasi kegiatan produksi dan pemasaran produk. Contoh biaya ini adalah biaya gaji karyawan bagian keuangan, akuntansi, personalia dan bagian hubungan masyarakat, biaya pemeriksaan akuntan, biaya cotocopy. Jumlah biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum sering pula disebut dengan istilah Biaya Komersil (Commercial Expenses).


2. Penggolongan Biaya Menurut Hubungan Biaya dengan sesuatu yang dibiayai
              Sesuatu yang dibiayai dapat berupa produk atau departemen. Dalam hubungannya dengan sesuatu yang dibiayai, biaya dapat dikelompokkan menjadi dua golongan :
1.      Biaya langsung ( Direct Cost )
2.      Biaya tidak langsung ( Indirect cost )
              Dalam hubungannya dengan produk, biaya produksi dibagi menjadi dua, yaitu biaya produksi langsung dan biaya produksi tidak langsung. Dalam hubungannya dengan departemen, biaya dibagi menjadi dua golongan, yaitu biaya langsung departemen dan biaya tidak langsung departemen.
              Biaya langsung adalah biaya yang terjadi, yang penyebab satu – satunya adalah karena adanya sesuatu yang dibiayai. Jika sesuatu yang dibiayai tersebut tidak ada, maka biaya langsung ini akan terjadi. Dengan demikian biaya langsung akan mudah diidentifikasikan dengan sesuatu yang dibiayai.
              Biaya produksi langsung terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya langsung departemen (direct departement costs) adalah semua biaya yang terjadi di dalam departemen tertentu. Contohnya adalah biaya tenaga kerja yang bekerja dalam departemen bagi Departemen Pemeliharaan dan Biaya Depresiasi mesin yang dipakai dalam departemen tersebut, merupakan biaya langsung bagi departemen tersebut.
              Biaya langsung adalah biaya yang langsung membebani produk ( hasil produksi ), seperti :
§  Harga bahan baku serta bahan tambahan yang dipakai
§  Upah kerja ( mesin dan manusia )
Biaya ini disebut sebagai biaya variable (tidak tetap) karena bergantung pada volume produksi.
              Biaya tidak langsung adalah biaya yang terjadinya tidak hanya disebabkan oleh sesuatu yang dibiayai. Biaya tidak langsung dalam hubungannya dengan produk disebut dengan istilah biaya produk tidak langsung atau biaya overhead pabrik (factory overhead costs). Biaya ini tidak mudah diidentifikasikan dengan produk tertentu.
              Gaji mandor yang mengawasi pembuatan produk A, B dan C merupakan biaya tidak langsung bagi baik produk A, B maupun C, karena gaji mandor tersebut terjadi bukan hanya karena perusahaan memproduksi salah satu produk tersebut, melainkan karena memproduksi ketiga jenis produk tersebut.
              Jika perusahaan hanya menghasilkan satu macam produk (misalnya perusahaan semen, pupuk urea, gula) maka semua biaya merupakan biaya langsung dalam hubungannya dengan produk sering disebut dengan istilah biaya overhead pabrik (factory overhead costs).
              Dalam hubungannya dengan departemen, tetapi manfaatnya dinikmati oleh lebih dari satu departeme. Contohnya adalah biaya yang terjadi di Departemen Pembangkit Tenaga Listrik. Biaya ini dinikmati oleh departemen – departemen lain dalam perusahaan, baik untuk penerangan, maupun untuk menggerakkan mesin dan ekuipmen yang mengkonsumsi listrik. Bagi departemen pemakai listrik, biaya listrik yang diterima dari alokasi biaya Departemen Pembangkit Tenaga Listrik merupakan biaya tidak langsung departemen.
              Biaya tidak langsung, ialah biaya yang dikeluarkan tetapi tidak langsung membebani hasil produksi, misal :
§  pemakaian listrik
§  biaya pemeliharaan mesin - mesin
§  biaya penyusutan mesin dan gedung pabrik
§  gaji teknisi mesin - mesin
§  biaya administrasi dan lainnya di pabrik tsb.

3.   Metode Pengumpulan Harga Pokok Produksi
              Dalam pembuatan produk terdapat dua kelompok biaya, yaitu biaya produksi dan biaya nonproduksi. Biaya produksi merupakan biaya – biaya yang dikeluarkan dalam pengolahan bahan baku menjadi produk, sedangkan biaya nonproduksi merupakan biaya – biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan nonproduksi, seperti kegiatan pemasaran dan kegiatan administrasi dan umum.
              Biaya produksi membentuk harga pokok produksi, yang digunakan untuk menghitung harga pokok produk jadi dan harga pokok produk yang pada akhir periode akuntans masih dalam proses. Biaya nonproduksi ditambahkan pada harga pokok produksi untuk menghitung total harga pokok produk.

Unsur – unsur harga pokok produksi dengan metode Full Costrip sbb :
Biaya bahan baku                                                        xx
Biaya tenaga kerja langsung                                       xx
Biaya overhead pabrik variabel                                   xx
Biaya overhead pabrik tetap                                       xx
Harga pokok produksi                                                            xx
              Harga pokok produk yang dihitung dengan pendekatan Full costing terdiri dari unsur harga pokok produksi (biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik variabel, dan biaya overhead pabrik tetap) ditambah dengan biaya nonproduksi (biaya pemasaran, biaya administrasi dan umum). Lihat gambar yang melukiskan unsur harga pokok produksi dan harga pokok produk dengan pendekatan full costing.
adm-3

Contoh Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Produk serta Harga Jual.
Contoh-1
Dalam memproduksi 1000 botol sirup antihistaminika dikeluarkan biaya – biaya sbb :
Biaya langsung

- Bahan Utama
Rp. 472.000,00



- Bahan Pembantu
Rp. 128.000,000





Rp.    600.000,00


- Upah Mesin
80 Jam x Rp. 2.000

Rp. 160.000,00



- Upah Karyawan
80 Jam x Rp. 1.200

Rp.   96.000,00





Rp.    256.000,00 
+

Jumlah biaya langsung

Rp.    856.000,00






Biaya tidak langsung
         Biaya tidak langsung 20% dari biaya langsung :
         20% x Rp. 856.000,00



Rp.    171.200,00 

+

Jumlah harga pokok produksi

Rp. 1.102.000,00
per  1000 botol




Laba yang diinginkan 20%

Rp.    220.400,00 
+

Harga jual bersih pabrik

Rp. 1.322.400,00
per  1000 botol


Harga jual produk per unit / per botol

Rp. 1.322,40






Contoh – 2 :
Sebuah perusahaan farmasi membuat obat – obatan dalam suatu proses produksi membutuhkan biaya – biaya :
              - Bahan utama                                   = Rp. 520.000,00
              - Bahan penolong                              = Rp. 342.000,00
              - Upah mesin dan karyawan             = Rp. 441.000,00
              - Biaya tidak langsung diperhitungkan 30 % dari biaya langsung
              - Biaya umum satu bulan                  = Rp. 1.204.200,00
Proses produksi berlangsung selama 15 hari. Barang yang dihasilkan dikemas 3 kemasan dengan perbandingan 2 : 3 : 5, yang masing – masing berjumlah 1.000 kesatuan per unit
Hitunglah harga pokok barang untuk tiap – tiap kemasan.

Jawab :
Biaya langsung :
Bahan utama …………………………………………………..Rp.   520.000,00
Bahan penolong ……………………………………………….Rp.   342.000,00
Upah mesin dan karyawan …………………………………….Rp.   441.000,00  (+)
                                                Jumlah biaya langsung                      Rp. 1.303.000,00                
Biaya tidak langsung :
0,5 x 1.0.900,00 ……………………………………………….Rp.    390.900,00   (+)
                                                Jumlah harga pokok produksi          Rp. 1.693.900,00
                  
Biaya umum untuk 15 hari :
½ x Rp. 1.204.200,00 …………………………………………Rp.    602.100,00   (+)
Jumlah harga pokok produk                                                Rp. 2.296.000,00 / 3000 unit kemasan yang berbeda


Barang yang dihasilkan : 1000 kst kemasan I
                                         1000 kst kemasan II
                                         1000 kst kemasan III
Perbandingan I : II : III = 2 : 3 : 5
Bila seandainya seluruh batch dihasilkan hanya untuk jenis kemasan I, akan diperoleh :
                                                Jenis kemasan I …………………….              = 1.000 kst I
                                                1.000 kst I = 3/2 x 1.000 kst                             = 1.500 kst I
                                                1.000 kst III = 5/2 x 1.00 kst                            = 2.500 kst I
                                                                                Jumlah                                   = 5.000 kst
Maka harga pokok / kst I = Rp. 2.296.000 = Rp. 429,20

Harga pokok / kst II           = 3/2 x Rp. 459,20 = Rp. 688,80
Harga pokok / kst III         = 5/2 x Rp. 459,20 = Rp. 1.148,00


Soal – soal Tugas 1:
1.      Separtai kopi dengan bruto 9.645 kg, tara ekstra 1%, tara 157 kg dibeli dengan harga Rp.600/kg netto,kalau rabat 3% dan potongan tunai 2% berapakah harga beli bersih ?
2.      Buatlah nota pembelian dari separtai amylum yang dibeli oleh sebuah pabrik farmasi dengan harga Rp. 800,00/kg netto. Berat kotornya 8.865 kg. Pembungkus 2%, rabat 5%, potongan tunai 2%,  biaya lelang 1 1/2 %, kurtasi 3%, ongkos – ongkos lain Rp.65.000,00 dan komisi 5%?
3.      Tanggal 5 januari 2004 Apotek Rama membeli obat- obatan Rp. 1.600.000,- HNA, laba yang diinginkan 25 % dari harga pokok. Diminta hitunglah harga jual?
4.      Tanggal 10 januari 2004, apotek rama membeli obat- obatan Rp. 1.500,- HNA PPN 10%, laba yang diinginkan 20 % dari Harga pokok, cari harga jual?
5.      Tanggal 15 jan 2004 dibeli obat- obatan Rp.7.500.000,- HET dari PT. Kimia Farma dengan potongan penjualan 25 % . Diminta hitung harga pokok penjualan?
6.      Tanggal 20 jan 2004 dibeli obat- obatan Rp.6.000.000,- HET dengan PPN 10% dengan potongan penjualan 30% . Diminta hitung harga pokok penjualan?
7.      Komisioner dijakarta  menerima 1000kg simplisia untuk dijual dengan harga Rp.3000,-/ kg netto, ekstra tara 1%, tara 2%, rabat 3%,pot.tunai 1%, B. lelang 1%, komisi 2 % dan ongkos lain- lain Rp.75.000,- kurtasi 2 %. Buatlah nota penjualan!!
8.      Pada minggu pertama bulan juni, sebuah pabrik farmasi memproduksi salep mata Tetrasiklin 20%  a’ 5 gram sebanyak 10.000 tube. Berdasarkan data berikut ini, hitunglah harga jual tiap tube salep tersebut:
a.       Harga per-Kg tetrasiklin Kristal Rp.300.000,-
b.      Bahan pembantu telah dikeluarkan Rp.2.250.000,-
c.       Upah mesin dan karyawan Rp.245.000,-
d.      Biaya tidak langsung diperhitungkan sebesar 25 % dari biaya langsung
e.       Biaya umum selama bulan juni Rp.600.000,-
f.       Laba yang diinginkan 10% dari harga pokok
g.      Biaya penjualan per-tube Rp.525,-







































MATERI : KEWIRAUSAHAan

A.       Pengertian Kewirausahaan.
            Dalam rangka menghadapi era globalisasi perdagangan bebas, kita harus mempersiapkan sumber daya manusia yang siap kerja yang mampu membuka lapangan kerja. Untuk memasyarakatkan dan membangkitkan semangat kewiraan di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Presiden No. 4 tahun 1995 dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat kepeloporan dikalangan generasi baru agar mampu menjadi wirausaha. Para wirausaha diharapkan menjadi pioner pembangunan untuk mengurangi pengangguran yang menjadi beban bangsa Indonesia.
            Dengan ditunjang adanya wirausaha yang ulet dan handal akan memantapkan pembangunan di Indonesia. Jadi para wira usaha merupakan profesi penunjang pembangunan nasional.
          Sebenarnya untuk menjadi wirausaha bukan hanya mencakup bidang swasta saja, tetapi berlaku pula bagi mereka yang aktif di bidang usaha milik negara atau patungan. Peranan wirausaha sangat penting dan menentukan masa depan bangsa dan negara.
            Kewirausahaan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai kemampuan (abbility) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya.
            Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif. Sedangkan pengertian kreatifitas di sini adalah berfikir sesuatu yang baru sedang keinovasian adalah bertindak melakukan sesuatu yang baru.
Di bawah ini akan disajikan beberapa definisi enterpreneurship atau wirausaha antara lain menurut :

1.             Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
         Wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenal produk baru, menentukan era produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkan serta mengatur permodalan operasinya.
2.            Berdasarkan Lampiran Instruksi Presiden No. 4 tahun 1995
         Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya, cara kerja, teknologi dan prouksi baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar.
3.            Menurut Raymond Kao
         Kewirausahaan adalah orang yang menciptakan kemakmuran dan proses peningkatan nilai tambah, melalui inkubasi gagasan memadukan sumber daya dan membuat gagasan menjadi kenyataan.
4.            Pengertian umum
         Wira usaha atau enterpreneur adalah orang - orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan atau peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat guna memastikan kesuksesannya.

          Jadi pengertian wirausaha adalah seorang inovator yang mempunyai kemampuan menemukan produk, metode, dan tekhnologi baru serta mampu memadukan dan mengelola segala sumber daya untuk memberikan manfaat atau nilai tambah secara optimal bagi dirinya, perusahaan, masyarakat, bangsa dan negaranya.

Ruang lingkup kewirausahaan

            Ruang lingkup kewirausahaan sangat luas sekali. Secara umum ruang lingkup kewirausahaan adalah bergerak dalam bidang bisnis yang secara garis besarnya adalah :
1.             Bidang usaha pertanian (agriculture) meliputi usaha pertanian, kehutanan, perikanan dan perkebunan.
2.             Bidang usaha pertambangan (mining) meliputi usaha galian pasir, galian tanah, batu dan bata.
3.             Bidang usaha fubrikasi (manufacturing) meliputi usaha industri, assemblasi dan sintetis.
4.             Bidang usaha konstruksi (constructions) meliputi usaha konstruksi bangunan, jembatan, pengairan dan jalan raya
5.             Bidang usaha perdagangan (trade) meliputi usaha perdagangan kecil (retailer), grosir, agen dan eksport - import.
6.             Bidang usaha jasa keuangan (financial service) meliputi usaha perbankan, asuransi dan koperasi.
7.             Bidang usaha jasa perorangan (personal service) meliputi usaha potong rambut, salon, laundry, catering.
8.             Bidang jasa umum (public service) meliputi usaha pengangkutan, pergudangan, wartel dan distribusi.
9.               Bidang jasa wisata (tourism) meliputi jasa biro perjalanan pengusahaan obyek dan daya tarik wisata serta penyediaan sarana wisata.

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan kewirausahaan adalah sebagai berikut :
1.             Meningkatkan jumlah wirausaha yang berbobot
2.             Mewujudkan kemantapan dan kemampuan wiraswasta untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
3.             Menumbuh kembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang handal    dan tangguh
4.             Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan wirausaha dikalangan masyarakat yang mampu, handal dan tangguh

Fungsi Wirausaha 

Fungsi Wirausaha menurut Yuyun Wirasasmita (1982) :
1.             Memperkenal barang baru atau kualitas barang baru yang belum dikenal konsumen
2.             Melaksanakan methode produksi baru dari penemuan ilmiah baru.
3.             Membuka suatu pemasaran baru.
4.             Pembukaan suatu sumber dasar baru atau setengah jadi atau sumber sumber yang masih harus dikembangkan.

Esensi Kewirausahaan (menurut Zimmer 1996 : 51)

          Esensi dari kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengkombinasian sumber daya dengan cara - cara baru dan berbeda agar dapat bersaing. Nilai tambah tersebut diciptakan melalui berbagai cara - cara sebagai berikut :
1.             Pengembangan teknologi baru (developing new technology)
2.             Penemuan Pengetahuan Baru (discovering new knowledge)
3.             Perbaikan produk dan Jasa yang sudah ada (improvising existing product or service)
4.             Penemuan cara - cara yang berbeda untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit (finding different ways of provinding more goods and service with fewer resources)

Jiwa dan Rahasia Kewirausahaan

            Jiwa kewirausahaan ada pada setiap orang yang memiliki perilaku inovatif, kreatif, menyukai perubahan, kemajuan dan tantangan. Sedangkan rahasia kewirausahaan terletak pada kreatifitas dan keinovasian

Jenis - jenis Wirausaha

1.      Wira usaha bisnis
     Adalah mereka yang tekun dalam menggerakkan kebutuhan selera masyarakat dan dapat menimbulkan kebutuhan baru dengan jalan reklame, selalu memperhatikan barang - barang yang mempunyai pasaran saat ini dan di masa yang akan datang mereka selalu memperhatikan grafik penjualan.

2.      Wira usaha sebagai orang vak
            Adalah mereka yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu. Orang ini membaktikan profesinya dalam bidang tekhnik dan melaksanakan penemuan - penemuan dan perbaikan kualitas barang yang dihasilkan. Perhatian ditujukan dalam segi tekhnik usaha yang dijalankan dan langganan yang diperoleh melalui mutu barang, mutu prestasi yang lebih baik.


3.      Wira usaha sebagai orang uang
            Adalah orang yang menjalankan kegiatan menyalurkan dan mengumpulkan dana yang bergerak dalam pasar uang dan pasar modal.

4.      Wira usaha sebagai manager
Adalah mereka yang dapat memajukan usahanya dengan menggunakan bisnis dan memperhatikan serta memperhitungkan dengan efisien .

5.      Wira usaha sebagai sosial engineer
            Adalah mereka sebagai pengusaha yang berusaha meningkatkan para pekerjanya melalui karya sosial dan mempertimbangkan moral atau kebenaran. Mereka berusaha mengalihkan kerugian yang mungkin terjadi sebagai akibat pertukaran personil terlalu cepat dan sering.

Gaya Manajemen Wirausaha

     Ada dua pola dasar wirausaha yang merupakan gaya manajemen wirausaha :
1.      Wira usaha artisari yakni seseorang yang memulai usaha/ bisnisnya dengan keahlian teknis sebagai modal utama dan sedikit pengetahuan bisnis. Dengan karakteristik sebagai berikut  :       
§   Bersikap kekeluargaan, memimpin usaha disamakan dengan memimpin keluarga.
§   Enggan mendelegasikan wewenangnya 
§   Menggunakan sedikit (satu atau dua) sumber modal dalam mendirikan usaha
§   Membatasi strategi pemasarannya pada komponen harga secara tradisional, kualitas dan reputasi perusahaan
§   Usaha penjualannya secara perorangan
§   Orientasi mereka singkat dengan sedikit perencanaan untuk pertumbuhan atau perubahan di masa yang akan datang.

Contoh wirausaha artisari antara lain seorang ahli mekanik buka bengkel di garasinya atau seorang ahli kecantikan buka toko kecantikan dan sebagainya.

2.      Wirausaha opportunities adalah seseorang yang memulai suatu bisnis dengan keahlian manajemen yang rumit dan pengetahuan tehnis. Karakteristik wira usaha opportunities adalah :
§   Menghindari sistem paternalistis
§   Mendelegasikan wewenang yang diperlukan bagi pertumbuhan perusahaan
§   Menggunakan berbagai strategi pemasaran dan berbagai tipe usaha penjualan
§   Mendapatkan permodalan lebih dari dua sumber
§   Merencanakan pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang.

Konsep Cara Berpenghasilan

          Menurut Robert Kyosaki cara memperoleh penghasilan seseorang ada yang disebut active income di mana seseorang kerja keras dengan penghasilan yang terbatas yaitu employe (pekerja / pegawai) dan self employe atau orang vak atau orang berprofesi seperti dokter, konsultan san akuntan.   Sedangkan yang lainnya disebut  passive income, mereka tergolong bekerja tidak terlalu berat. Penghasilan datang sendiri dalam jumlah banyak seperti pemilik perusahaan dan investor / pemilik modal.
Konsep cara berpenghasilan Robert Kiyosaki disebut  The cash flow quadrane  yang digambarkan sebagai berikut :
E
Employe

B
Bussiness
S
Self Employe

I
Investor
Active income
Passive income

 


Karakteristik Wirausaha ( menurut M Sar Borough dan Thomas W Zimmer 1993 )

1.             Desire for responsibility, yaitu memiliki rasa tanggung jawab atas usaha yang dilakukannya.
2.             Preference for moderate risk, yaitu memilih resiko yang paling rendah daripada resiko tertinggi.
3.             Confidence in their ability to succes, yaitu percaya akan kemampuan dirinya untuk berhasil
4.             Desire for immediate feed back, yaitu selalu menghendaki umpan balik yang segera.
5.             High level of energy, yaitu memiliki semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang lebih baik.
6.             Future orientation, yaitu berorientasi ke masa depan, perspektif dan berwawasan jauh ke depan.
7.             Skill at organizing, yaitu memiliki ketrampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah
8.             Value of achievement over money, yaitu selalu menilai prestasi dengan uang.


Nilai Hakiki Dari Kewirausahaan (Dr.Suryana M.Si 2001 : 15)

1.             Self confidence ( percaya diri)
         Adalah sikap dalam keyakinan seseorang dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas - tugasnya. Kepercayan diri berpengaruh pada gagasan, karsa, inisiatif, kreatifitas, keberanian, ketekunan, semangat dan kerja keras dan kegairahan dalam berkarya.  
2.             Berorientasi pada tugas
         Seseorang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil, adalah seseorang yang selalu mengutamakan nilai - nilai motif  berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan dan ketabahan. Tekad kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energik, dan berinisiatif. Berinisiatif adalah keinginan untuk selalu mencari dan memulai dengan tekad yang kuat.
3.             Keberanian mengambil resiko
         Salah satu nilai utama kewirausahaan adalah kemauan dan kemampuan mengambil resiko, karena selalu ingin jadi pemenang dan memenangkan dengan cara yang baik.
         Keberanian  menanggung resiko tergantung kepada daya tarik setiap alternatif, persediaan untuk rugi dan kemungkinan relatif untuk sukses atau gagal
          Kemampuan untuk mengambil risiko ditentukan oleh keyakinan diri, kesediaan untuk menggunakan kemampuan dan kemampuan untuk menilai risiko
4.         Kepemimpinan
           Seseorang yang berhasil mempunyai sifat kepemimpinan kepeloporan dan keteladanan. Ia selalu ingin tampil berbeda, lebih dulu dan lebih menonjol, lebih cepat diterima oleh pasar. Mempunyai kemampuan lebih cepat menangkap peluang - peluang usaha yang menguntungkan.

5.       Berorientasi ke masa depan     
         Orang yang berorientasi ke masa depan adalah orang yang memiliki perspektif dan pandangan ke masa depan. Karena itu ia selalu berkarya dan berkarya, selalu mencari peluang, tidak cepat puas dengan keberhasilan yang sudah ada.

9.          Keorisinilan, kreatifitas dan keinovasian
         Nilai inovatif, kreatif dan fleksibel merupakan unsur - unsur keorisinilan. Ciri - ciri wirausaha yang inovatif dan kreatif adalah :
§   Tidak pernah puas dengan cara - cara yang dilakukan saat - saat ini meskipun cara tersebut cukup baik.
§   Selalu menuangkan imajinasi dalam pekerjaannya.
§   Selalu ingin tampil berbeda atau selalu memanfaatkan perbedaan.

Teori - Teori Untuk Mencapai Sukses

Di bawah ini akan di sajikan pendapat tentang cara - cara untuk mencapai sukses, antara lain :
1.       Menurut Ken Sudarto, tokoh periklanan, kiat mencapai sukses adalah :
a.       Dream big,  yaitu mimpi besar atau cita tinggi
b.      Start small, yaitu memulai usaha tidak harus dengan modal besar.
c.       Act now, bahwa semua angan bisnis dan rencana bisnis yang ada jangan di tunda pelaksanaan segera direalisasikan. 
2.      Menurut Eleanov Rosevelt, ibu negara Amerika, untuk meraih masa depan yang baik beliau mengatakan  The future belongs to those who believe in the beauty of their dream.          Yang berarti masa depan hanya dimiliki oleh orang yang percaya pada keindahan mimpi - mimpi mereka.

3.       Menurut RH Wiyono MSR, mata rantai sukses digambarkan sebagai berikut :

2

Potensi


                       3

Tindakan



1

Keyakinan

                                        
                         4

Hasil

          Bahwa dengan keyakinan teguh seseorang akan menggerakkan semua potensi dan tindakannya, dengan demikian dia akan mencapai hasil yang maksimal yang akibatnya membuat dia makin yakin lagi.

4.       Menurut Paulus Winarto, ada lima ciri keunggulan wirausaha
1.         Berani mengambil resiko
2.         Menyukai tantangan
3.         Punya daya tahan yang tinggi
4.         Punya visi jauh ke depan
5.         Selalu berusaha memberi yang terbaik
5.      Menurut Reynold Kasali, ada lima prinsip penting yang harus dipegang oleh wirausaha untuk meraih sukses yaitu :
a.       Jaga reputasi
b.      Tumbuh dari bawah
c.       Konsentrasi
d.      Anti kerumunan / ciptakan perbedaan
e.       Modal hanya sebagai pelengkap
6.      Menurut pendapat Purdi Chandra (pemilik Primagama Group), ada tiga  kata kunci keberhasilan, yaitu :
a.    BODOL : Berani, Optimis Pakai Duit Orang Lain
b.   BOTOL : Berani, Optimis Pakai Tenanga Orang Lain
c.    BOBOL : Berani, Optimis Pakai Sistim Bisnis Orang Lain
6.      Pendapat Ray Sembel PHD, teori mencapai sukses harus berpegang pada kata WISDOM = kebijaksanaan yang juga kepanjangan dari :              
W = Watak  =  kenalilah dan kuasai diri, gali dan kembangkan terus kelebihan dan keunggulan kita, jangan berfokus pada kelemahan yang ada. Daya gunakan secara maksimal apa yang kita miliki sampai sukses dapat diraih.

I = Ingin = tetapkan keinginan dan tujuan kita. Hal ini penting agar motivasi tetap terjaga. Tujuan ibarat magnit dalam hidup sebagai arah dalam perjalanan hidup.

S = Strategi = rancang cara - cara untuk mencapai tujuan

D = Didik = senantiasa belajar dari kehidupan lebih formal, jadilah manusia pembelajar sebagai alat untuk meningkatkan kewaspadaan diri, belajar senantiasa berguru agar memudahkan kita untuk mengatur strategi yang jitu agar dapat meraih sukses.

O = Otak / Otot = Seorang wirausaha harus mampu kerja cerdas agar dengan pengorbanan tertentu dapat memperoleh keuntungan maksimal. Bukan hanya kerja keras dengan hasil yang sedikit.

M = Management = mampu mengelola sumber daya ada  dan semua sarana - sarana management serta mampu membina hubungan dengan masyarakat.

Imbalan dan Tantangan Wirausaha

Imbalan yang diperoleh para wirausaha adalah :
1.        Imbalan berupa laba
            Para wirausaha dapat menentukan sendiri jumlah gaji / pendapatan yang diperolehnya tanpa harus ada batasan gaji standard untuk pekerjaan yang di standarisasi. Mereka mengharapkan hasil yang tidak hanya mengganti kerugian waktu dan uang yang diinvestasikan, tetapi juga memberi imbalan yang pantas bagi resiko dan inisiatif yang mereka ambil dalam mengoperasikan bisnis mereka sendiri. Jadi para wirausaha menikmati laba yang optimal yang tidak sebanding dengan pendapatan para pegawai atau pekerja profesi.
2.       Imbalan berupa kebebasan
            Para wirausaha mempunyai kebebasan untuk menjalankan perusahaan, bebas menentukan arah dan tujuan perusahaan mengambil rediko sendiri dan berhak memungut imbalan yang ada.
3.       Imbalan berupa kepuasan menjalani hidup
            Para wirausaha merasa puas mampu melaksanakan bisnisnya sendiri karena mereka memulai bisnisnya sesuai dengan impian dan angan - angan      mereka sehingga mereka sangat menikmati, mereka gembira dan ceria, dan mereka bangga dengan bisnisnya yag sukses. Kepuasan yang mereka miliki             baik berupa materi maupun yang non materi yang mampu memberi manfaat dan nilai tambah bagi dirinya, pegawainya, masyarakat lingkungannya, bahkan bangsa dan negaranya.

Tantangan yang harus dihadapi oleh wirausaha adalah :
1.         Tantangan berupa kerja keras
        Karena mereka mempunyai pengharapan dan kebutuhan yang tinggi dibandingkan kebanyakan orang maka mereka harus bekerja keras untuk mewujudkan impiannya.

2.            Tantangan tekanan emosional
         Untuk mencapai apa yang mereka inginkan tidak jarang mereka menghadapi berbagai rintangan persaingan yang ketat ancaman kebangkrutan yang harus dihadapi dengan kepala dingin, kesabaran, dengan kewaspadaan. Mereka harus mampu merubah rintangan, ancaman menjadi peluang yang menguntungkan.

3.             Tantangan resiko
         Setiap langkah penerapan suatu strategi mempunyai suatu resiko yang harus dihadapi perusahaan begitu kompleks maka meminta tingkat komitmen dan pengorbanan yang tinggi agar dapat memperoleh imbalan yang diinginkan.






Langkah Menuju Wirausaha

Jalur Menuju Dunia Usaha.
Ada empat jalur menuju dunia usaha yang dapat dipilih dalah satu dari tiga alternatif yang ada yaitu :

1.       Memasuki bisnis keluarga
          Bisnis keluarga mempunyai karakteristik dengan pemilikannya atau keterlibatan lainnya dari dua orang atau lebih anggota keluarga yang sama dalam kehidupan dan fungsi bisnisnya. Keuntungan dari bisnis keluarga termasuk perjanjian kuat dari anggota keluarga sampai pada suksesnya sebuah perusahaan dan fokus pada pelanggan, pelayanan, kualitas dari tujuan jangka panjang. Pendiri seringkali meninggalkan jejak mendalampada perusahaan keluarga. Peran suami / istri pendiri sangat penting, karena kadang kala berfungsi sebagai mediator dalam pertikaian keluarga dan membantu mempersiapkan anak dalam berkarier di dalam bisnis keluarga. Praktek manajemen yang baik adalah sama pentingnya dengan hubungan antar keluarga di dalam memfungsikan bisnis keluarga yang sukses.

2.       Membuka bisnis baru
Ada beberapa alasan untuk memulai sebuah bisnis baru, adalah sebagai berikut :
1.        Menampilkan penemuan terbaru atau barang / jasa terbaru yang dikembangkan
2.        Mengambil keuntungan dari lokasi, peralatan, produk atau layanan, pekerjaan, pemasok dan bankir yang ideal
3.        Menghindari pendahuluan yang tidak diinginkan, kebijaksanaan proses dan ikatan sah dari perusahaan yang sudah ada yang tidak diinginkan.

Jenis - jenis ide untuk memulai suatu usaha :
§   Ide berupa pasar baru
§   Ide penemuan teknologi baru
§   Ide penemuan manfaat baru

3.       Membeli bisnis yang sudah ada :
Ada beberapa alasan untuk membeli bisnis yang sudah ada yaitu :
§   Untuk mengurangi beberapa ketidak tentuan dan ketidak tahuan yang harus dihadapi dalam memulai sebuah bisnis dari latar belakang tersebut.     
§   Untuk memperoleh sebuah bisnis dengan operasi yang sedang berjalan dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan dan pemasok.
§   Untuk mendapatkan bisnis yang telah dikembangkan dengan harga di bawah biaya untuk memulai sebuah bisnis baru.

     Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan dalam wirausaha, antara lain :
1.      Tidak kompeten dalam managerial
2.      Kurang pengalaman dalam bidang usaha yang dijalani
3.      Kurang dapat mengendalikan keuangan
4.      Gagal dalam perencanaan
5.      Lokasi kurang memadai
6.      Kurangnya pengawasan peralatan
7.      Sikap yang kurang sungguh - sungguh dalam berusaha
8.      Tidak siap dengan perubahan - perubahan yang ada.




     Cara Menghindari Kegagalan Wirausaha

          Terdapat beberapa cara yang dapat diterapkan agar terhindar dari kegagalan dalam berwira usaha. Cara tersebut antara lain :
1.      Mengenal bisnis anda secara mendalam
2.      Mengembangkan rencana bisnis secara matang
3.      Mengelola sumber daya keuangan secara baik
4.      Kemampuan memahami lapangan keuangan
5.      Mengelola manusia secara efektif
6.      memelihara semangat dan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan usaha
7.      Tetap menjaga loyalitas dan tanggung jawab terhadap kelanjutan usaha.

     Langkah Menuju Keberhasilan Wirausaha

          Menurut Dan Ifeinhoft & Jhon F. Burgess, beberapa karakteristik yang diperlukan untuk mencapai The Building Up Of Enterpreneurial Success adalah sebagai berikut :
1.      Take responsibility for succes
2.      Develop relationship with customer, employers, supplier and others.
3.      Work hard witha sense of urgency
4.      Plan, organize, follow through
5.      Be willing to risk time and money
6.      Have a bussines gool or vision

Untuk membangun wirausaha yang sukses :
§    Memiliki tujuan atau visi perusahaan
§    Bersedia mengambil terhadap resiko waktu dan uang
§    Buat rencana bisnis dan organisasi dan tuntaskan
§    Kerja keras dengan perasaan yang sangat mendesak
§    Menjalin dengan langganan pekerja daripada pekerja dan para pemasok dan pihak lain.
§    Bertanggung jawab terhadap gagal atau suksesnya perusahaan.

Soal Tugas 2!
1.      Jelaskan pengertian umum dari kewirausahaan dan wirausaha?
2.      Sebutkan tujuan, fungsi serta esensi kewirausahaan secara singkat?
3.      Jelaskan konsep cara berpenghasilan menurut Robert Kyosaki dan berikan contoh tiap kelompok/kuadran?
4.      Sebutkan imbalan dan tantangan wirausahawan dan beri contoh kegiatan masing- masing?
5.      Sebutkan langkah- langkah menuju keberhasilan wirausaha?








Tidak ada komentar:

Posting Komentar