Senin, 10 Desember 2012

Pulvis IV


E.      Cara Pengemasan Serbuk

          Secara umum serbuk dibungkus dan diedarkan dalam 2 macam kemasan yaitu kemasan untuk serbuk terbagi dan kemasan untuk serbuk tak terbagi. Serbuk oral dapat diserahkan dalam bentuk terbagi (pulveres) atau tidak terbagi (pulvis).


Kemasan untuk serbuk terbagi
          Pada umumnya serbuk terbagi terbungkus dengan kertas perkamen atau dapat juga dengan kertas selofan atau sampul polietilena untuk melindungi serbuk dari pengaruh lingkungan. Serbuk terbagi biasanya dapat dibagi langsung (tanpa penimbangan ) sebelum dibungkus dalam kertas perkamen terpisah dengan cara seteliti mungkin,  sehingga tiap-tiap bungkus berisi serbuk yang kurang lebih sama jumlahnya. Hal tersebut bisa dilakukan bila prosentase perbandingan pemakaian terhadapdosis maksimal kurang dari 80 %. Bila prosentase perbandingan pemakaian terhadap DM sama dengan atau lebih besar dari 80 % maka serbuk harus dibagi berdasarkan penimbangan satu per satu.

          Pada dasarnya langkah-langkah melipat atau membungkus kertas pembungkus serbuk adalah sebagai berikut :

1.           Letakkan kertas rata diatas permukaan meja dan lipatkan ½ inci  kearah kita  pada garis memanjang pada kertas untuk menjaga keseragaman, langkah ini  harus dilakukan bersamaan dengan lipatan pertama sebagai petunjuk.

2.           Letakkan serbuk baik yang ditimbang atau dibagi-bagi ke tengah kertas yang  telah dilipat satu kali  lipatannya mengarah keatas disebelah seberang dihadapanmu.

3.           Tariklah sisi panjang yang belum dilipat keatas dan letakkanlah pada kira kira garis lipatan pertama , lakukan hati-hati supaya serbuk tidak berceceran.

4.           Peganglah lipatan dan tekanlah sampai menyentuh dasar kertasdan lipatlah kehadapanmu setebal lipatan pertama.

5.           Angkat kertas, sesuaikan dengan ukuran dos tempat yang akan digunakan untuk mengemas, lipat bagian kanan dan kiri pembungkus sesuai dengan ukuran dos tadi. Atau bila pengemasnya plastilk yang dilengkapi klip pada ujungnnya usahahan ukuran pembungkus satu dengan yang lainnya seragam supaya tampak rapi.

6.       Kertas pembungkus yang telah terlipat rapi masukkan satu persatu dalam dos atau plastik klip. Pada lipatan kertas pembungkus  tidak boleh ada serbuk dan tidak boleh   ada ceceran serbuk.


Kemasan untuk serbuk tak terbagi
          Untuk pemakaian luar,  serbuk tak terbagi umumnya dikemas dalam wadah kaleng yang berlubang-lubang atau sejenis ayakan untuk memudahkan penggunaan pada kulit. Misalnya bedak tabur.
          Sedangkan untuk obat dalam, serbuk tak terbagi biasa disimpan dalam botol                        bermulut lebar supaya sendok dapat dengan mudah keluar masuk melalui mulut botol. Contohnya  serbuk antacid, serbuk laksativa.
          Wadah dari gelas digunakan pada serbuk yang mengandung bahan obat higroskopis / mudah mencair, serbuk yang mengandung bahan obat yang mudah menguap. Untuk serbuk yang komponennya sensitif terhadap cahaya menggunakan wadah gelas berwarna hijau atau amber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar