Senin, 18 Februari 2013

AGAR


AGAR

Nama lain
:
Agar – agar, Gelosa, Vegetable gelatin.

Tanaman asal
:
Gelidium cartilagenium  (L)*
Gracilaria confervoides  (L)**
Sejenis ganggang merah***

Keluarga
:
*     Gelidiaceae
**   Sphaerococcaceae
*** Kelas : Rhodophyceae

Zat berkhasiat
utama / Isi
:
Garam kalsium dari gelosa, yaitu hidrat arang kompleks yang tersusun dari rangkaian galaktosa dimana molekul yang terakhir berikatan dengan asam sulfat, iodium

Persyaratan kadar
:
20 – 100 bagian per juta

Penggunaan
:
Karena mampu mengisap dan mengikat air, sehingga dalam usus berfungsi sebagai pelumas dan penambah isi usus, maka banyak dipakai pada pengobatan sembelit yang kronis. Juga sebagai bahan penolong pada berbagai sediaan obat.

Pemerian
:
Umumnya berupa berkas potongan – potongan memanjang yang tipis seperti selaput dan berlekatan atau berbentuk keping, serpih / butiran, abu – abu kekuningan sampai kuning pucat atau tidak berwarna, tidak berbau atau berbau lemah, rasa berlendir, jika lembab liat, jika kering rapuh.

Bagian yang
digunakan
:
Koloidal hidrofil yang kering yang diperoleh dari penyarian.

Cara panen
:
Cara California :
Ganggang direndam air, dibersihkan dari pasir dan kotoran lainnya, direbus dengan tekanan, disaring selagi masih panas, sari dimasukkan ke dalam tabung – tabung pendingin, gudir yang terjadi digerus, dibekukan dan dipisahkan dari air dinginnya secara disaring hampa berputar, pengeringan selanjutnya dilakukan dengan mengalirkan udara panas.

Cara Jepang :
Ganggang yang dipelihara di dekat pantai dikeringkan,dipukul – pukul untuk memisahkan pasir, kerang dan kotoran lainnya, berganti – ganti dicuci dan dijemur sampai pucat warnanya, kemudian disari agarnya

Cara Australia :
Ganggang dibersihkan dari pasir dan dikelantang, direbus pada suhu 94o – 98o selama 2 – 4 jam sebagai larutan 4% dan pH dibuat  5 - 6, bagian – bagian yang padat dipisahkan secara pemusingan dan cairan yang telah jernih dicuci dengan norit, dikentalkan, didiamkan,  kotoran – kotoran organik dibilas dengan aliran air dan dikeringkan pada suhu 40o – 50o.

Jenis - jenis
:
Agar Sailan, dibuat dari Gracilaria lichenoides (Graville)
Agar Makasar, dibuat dari Eucheuma spinosum (Ag) tercampur dengan garam dapur.
Agar Amerika, agar pantai di Pasifik diperoleh dari ganggang Gelidium cartilagenium, Gelidium amansii, Anhfeltia plicata.
Agar Pantai Atlantik, diperoleh dari Gracilaria confervoides, Hypnea muciformis dan ganggang merah lainnya.
Agar Jepang, dibuat dengan nama Japanese Isinglass, diperoleh dari Gelidium cartilagenium, dan Gloiopeltis tenax.
Agar Australia, dari Gracilaria confervoides dan Sphaerococcus compressus (Ag).

Penyimpanan
:
Dalam wadah tertutup baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar